PSMPB menerima kunjungan 25 siswa Jelajah Literasi dari SD Negeri Kepek II, Saptosari, Gunungkidul di laboratorium kebencanaan UAD (0610).
Ketua PSMPB Ibu Dholina Inang Pambudi beserta jajaran menyambut dengan hangat kehadiran Ibu Guru dan Siswa dari SD N Kepek II. Pada Kesempatan ini Ibu Dholina didampingi oleh Ibu Vera Yuli Erviana selaku Kepala Keuangan dan Administrasi PSMPB UAD


Setibanya di Laboratorium Kebencanaan UAD siswa dan guru mengikuti pengarahan awal oleh Khusniyan selaku laboran kebencanaan UAD. Selanjutnya dalam pengarahan Khusniyan mengenalkan beberapa barang yang di gunakan dalam keadaan darurat seperti Veldbed, folding chair.

Kemudian siswa di ajak untuk merasakan pengalaman simulasi bencana alam gempa bumi menggunakan Virtual Reality (VR). Perlu kita ketahui bersama bahwa VR simulasi gempa bumi yang ada di UAD merupakan Center of Excellence yang didanai bersama oleh Erasmus+ Capacity Building in Higher Education Fund sebagai bagian dari proyek BUiLD. BUiLD adalah singkatan dari “Building Universities in Leading Disaster Resilience” dan merupakan inisiatif bersama oleh konsorsium universitas di seluruh Indonesia dan Eropa.

Selanjutnya Ibu Dholina dan Ibu Vera memberikan edukasi mitigasi bencana kepada siswa dimulai dari pengenalan bencana hingga melakukan game simulasi gempa bumi dengan maket di shake table.

Selanjutnya kunjungan ini ditutup dengan foto bersama. Semoga dengan kunjungan ini dapat menumbuhkan rasa kesadaran akan bencana yang berpotensi di lingkungan sekitar kita sejak kepada anak-anak.

Categories:

Comments are closed