PSMPB UAD/ADDMC UAD mengikuti kegiatan Final Conference Building University in Leading Disaster Resilience yang diadakan oleh President University di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Turut hadir bersama universitas di dalam dan luar negeri yang tergabung dalam konsorsium BUiLD Erasmus+ dari Uni Eropa serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) 10/05.

 

Konferensi ini diawali dengan sambutan hangat dari President University lalu dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu langsung oleh Nadine Sulkowski dari University Gloucestershire Inggris, selaku ketua proyek Erasmus+ dan BUiLD. Dalam Konferensi ini ada 4 pembicara yaitu Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Dr. David Rubens, Direktur Eksekutif The Institute of Strategic Risk Management (ISRM) dari Amerika Serikat, Dr Ir. Udrekh, SE, M.Sc., Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rahmawati Husein, MCP, Ph.D., anggota dewan ahli Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang juga Ketua Badan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pusat Manajemen Aisyiyah.

 

Kemudian, agenda dilanjutkan dengan press conference yang diikuti oleh tiga narasumber dan ketua proyek BUiLD di Depan ruangan konferensi. Selanjutnya agenda dilanjutkan dengan both visiting yang sudah tersebar di dalam dan luar ruangan.

Perlu kita ketahui bersama bahwa Indonesia terletak di kawasan yang mempunyai risiko bencana yang tinggi diakibatkan oleh pertemuan Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Dengan adanya konferensi ini semoga perguruan tinggi dapat dijadikan sarana untuk mempersiapkan sumber daya yang kompeten dan tangguh bencana serta mampu mengurangi dampak yang diakibatkan oleh bencana dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tags:

Comments are closed