Kegiatan Training of Facilitator (ToF) Satuan Pendidikan Aman (SPAB) DIY, diselenggarakan oleh lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan ToF SPAB yakni, waktu : 07.00 – 17.00 WIB, hari: Sabtu-Ahad, 18-19 dan 25-26 November 2023 yang bertempat di Islamic Center UAD dan Lab Kebencanaan FK UAD. Peserta TOF dari delegasi lembaga, majelis, dan ortom Muhammadiyah DIY diantaranya:

  1. Lembaga Resiliensi Bencana PWM Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Lembaga Resiliensi Bencana PDM Kota Yogyakarta
  3. Lembaga Resiliensi Bencana PDM Kabupaten Sleman
  4. Lembaga Resiliensi Bencana PDM Kabupaten Bantul
  5. Lembaga Resiliensi Bencana PDM Kabupaten Kulon Progo
  6. Lembaga Resiliensi Bencana PDM Kabupaten Gunungkidul
  7. Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PWA Daerah Istimewa Yogyakarta
  8. Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PDA Kota Yogyakarta
  9. Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PDA Kabupaten Sleman
  10. Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PDA Kabupaten Bantul
  11. Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PDA Kabupaten Kulon Progo
  12. Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana PDA Kabupaten Gunungkidul
  13. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Daerah Istimewa Yogyakarta
  14. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWA Daerah Istimewa Yogyakarta
  15. Lazismu PWM Daerah Istimewa Yogyakarta
  16. SD Muhammadiyah Sukonandi
  17. SD Muhammadiyah Sukonandi
  18. Kader Muhammadiyah

Latar belakang diadakannya Kegiatan TOF SPAB ini adalah (1) melihat Indonesia memiliki potensi ancaman bencana yang beragam dan mengancam keselamatan jiwa. (2) Setidaknya terdapat 67.687 satuan pendidikan di Indonesia yang terdampak langsung bencana alam selama 10 tahun terakhir, sehungga tujuan program SPAB ini adalah untuk melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk bencana, serta memastikan keberlangsungan layanan pendidikan dalam situasi daryrat dan memulihkan kembali fungsi satuan pendidikan pasca bencana.

Tujuan program SPAB ditingkat Muhammadiyah, yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas calon fasilitator SPAB yang terdiri dari delegasi LRB PDM Kota dan Kabupaten serta Kader Muhammadiyah. (2) Membentuk tim fasilitator SPAB untuk mrndampingi AUM Pendidikan dalam mengimplementasikan SPAB.

RTL dari kegiatan ToF SPAB

  1. Masing-masing lembaga akan mendampingi 2 satuan pendidikan dalam satu tahun dan akan di monev oleh LRB DIY dan Majelis Dikdasmen/PAUD
  2. Monev SPAB akan terlapor di aplikasi Inarisk.

Kegiatan Training of Facilitator (ToF) Satuan Pendidikan Aman (SPAB) DIY yang diselenggarakan oleh Lembaga lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta dibuka oleh melalui zoom meeting pada tanggal 15 November 2023 melalui zoom meeting. Kegiatan ToF telah berlangsung selama 2 hari. Berikut merupakan risalah pembiacaraan materi ke-7 yang disampaikan oleh Dr.Vera Yuli Erviana, M.Pd beliau selaku dosen PGSD sekaligus tergabung dalam Institutional Visit of Erasmus Build Project toAhmad Dahlan Disaster Management Center.

Risalah pembicaraan

Pelatihan SPAB di ruang Lab Kebencaan FK UAD diisi oleh oleh Ibu Dr. Vera Yuli Erviana, M.Pd dengan tema Pembentukan Tim Siaga Bencana dan Rencana Aksi Satuan Pendidikan. Beliau menyampaikan tujuan membentuk rencana aksi, Strategi menentukan aksi prioritas dan RAS di satuan pendidikan, perencanaan komponen tim siaga bencana yang meliputi (1) pengenalan dan pengkajian ancaman bencana, (2) pemahaman tentang kerentanan masyarakat, (3) analisis kemungkinan dampak bencana, (4) pilihan tindakan pengurangan resiko bencana, (5) penentuan mekanisme kesiapan dan penanggulangan dampak bencana, (6) alokasi tugas, kewenangan, dan Sumber daya yang tersedia.

Categories:

Tags:

Comments are closed