Pandemi tidak menyurutkan Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB) UAD untuk berbagi ilmu seputar bagaimana “Membangun Ketangguhan Diri pada Masa Pandemi Covid-19”. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Prodi di UAD yang tergabung dalam Dahlan Rescue Community (DRC). Meskipun melalui ruang virtual via google meet tadi malam namun tidak menyurutkan antusias para peserta. Ketua PSMPB UAD Dholina Inang Pambudi, M.Pd juga menyampaikan beberapa tips membangun ketangguhan diri masa pandemi Covid-19 sebagai berikut:

  1. Hidup harus memiliki tujuan dan makna (urip iku urup).
    Hanya orang yang memiliki tujuan dan makna hidup yang akan tetap tenang, tidak mudah terombang ambing oleh keadaan dan senantiasa tetap meningkat kesalehan individu dan sosial terlebih di masa pandemi seperti ini.
  2. Kontrol diri
    Percaya bahwa kita mampu melakukan kontrol atas peristiwa yang terjadi. Karena apa yang kita lakukan selama pandemi akan memberi pengaruh bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebagai contoh: saat batuk ya miliki etika batuk, saat keluar rumah ya pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dsb.
  3. Positive thinking
    Memandang positif semua hal termasuk perubahan yang ada. Pandemi bukan dipandang sebagai ancaman tapi sebagai peluang. Terjadinya pandemi covid tidak untuk diratapi terus menerus namun bisa digunakan untuk mengasah kepekaan, kewaspadaan, dan ketrampilan diri agar tetap produktif (memasak, bercocok tanam, menulis buku, mengkhatamkan Al Quran maupun kegiatan positif lainnya).

Semoga bermanfaat dan pandemi segera berlalu. Salam tangguh.

Categories:

Tags:

Comments are closed